https://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsb/issue/feedJurnal Stia Bengkulu : Committe to Administration for Education Quality2025-08-27T16:49:09+00:00Dr. Desita Rahayu, S.IP, M.Sidesitanashattar@gmail.comOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;">Jurnal Stia Bengkulu : Committe to Administration for Education Quality</p> <div id="journalDescription"> <p style="text-align: justify;">Jurnal Stia Bengkulu dengan p-ISSN <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1432553293">2088-0510</a> dan e-ISSN <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220202191278457">2827-9921</a>, merupakan media publikasi untuk menyalurkan karya ilmiah para dosen, teoritis, dan praktisi dalam bidang administrasi publik, serta pemerhati administrasi publik. terbit dua kali dalam setahun bulan januari dan juli</p> <p style="text-align: justify;">Jurnal ini diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu. Menerbitkan hasil penelitian, pemikiran original, pengembangan, pengajaran, tulisan populer, dan kajian buku dalam bidang ilmu administrasi publik.</p> </div>https://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsb/article/view/259Pengaruh Kebijakan Pimpinan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Badan Pengelola Keuangan Daerah Provinsi Bengkulu2025-08-15T07:37:20+00:00Azkiya Ranggi Nabila Putriazkiya@gmail.comAgustri Hestianaagustri99@gmail.comRomdana Romdanaromdana77@gmail.com<p>Bertujuan untuk mengetahui “Apakah Kebijakan Pimpinan Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Badan Pengelola Keuangan Daerah Provinsi Bengkulu”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan survey lapangan. Penelitian dilakukan pada tahun 2024. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>Purposive sampling </em>dengan sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 35 karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah korelasi <em>product moment dan koefisien determinasi. </em>Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan, yaitu Kebijakan Pimpinan Badan Pengelola Keuangan Daerah Provinsi Bengkulu terlaksana dengan baik, Tingkat efektifvitas kerja Pegawai Badan Pengelola Keuangan Derah Provinsi Bengkulu tinggi, dan hipotesis dapat diterima “Kebijakan Pimpinan ada pengaruh terhadap Efektivitas kerja pegawai negeri sipil dikantor Badan Pengelola Keuangan Daerah Provinsi Bengkulu” yaitu dari hasil perhitungan <em>korelasi product moment,</em>didapat hasil yaitu r hitung 0,9261 lebih besar dari r table 0.334. Besarnya pengaruh kebijakan pimpinan terhadap Efektivitas kerja pegawai Badan Pengelola Daerah Provinsi Bengkulu yaitu sebesar 85,77%.</p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Azkiya Ranggi Nabila Putri, Agustri Hestiana, Romdanahttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsb/article/view/248Implementasi Program Pengembangan Keterampilan Bagi Anak Putus Sekolah Di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung2025-08-03T23:36:12+00:00Lies Kumara Dewilieskumaradewi13@gmail.comNeysa Amallianeysa55@gmail.comHenni Kusumastutihenni33@gmail.comSeger Ardiyantoseger66@gmail.com<table> <tbody> <tr> <td>Program pengembangan keterampilan bagi anak putus sekolah oleh Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dilakukan untuk mengatasi masalah anak putus sekolah dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan anak putus sekolah. Dalam implementasinya, berbagai keterampilan yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan anak putus sekolah dan lapangan kerja antara lain tata boga, bakery, menjahit, otomotif dan barista. Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala yag menjadi tantangan dalam pelaksanaannya yaitu keterbatasan sumber daya manusia atau instruktur yang professional dan ahli dalam bidangnya, sarana dan prasarana pelatihan yang kurang memadai, dan kurangnya dana untuk kesinambungan program. Hasil penelitian menunjukan implementasi program pengembangan keterampilan bagi anak putus sekolah di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung telah berjalan dengan baik dengan menerapkan beberapa strategi yaitu berkoordinasi dengan lembaga terkait, memberikan sosialisasi terhadap masyarakat serta menjalin kemitraan dengan lembaga pelatihan dan dunia kerja. Agar program tersebut terlaksana dengan optimal, Dinas sosial Kota Bandar Lampung perlu memperluas sosialisasi program pengembangan keterampilan melalui berbagai media sosial, website maupun aplikasi digital agar informasi dapat menjangkau lebih banyak anak putus sekolah, meningkatkan ketersediaan kapasitas sumber daya manusia, fasilitas sarana prasarana pelatihan, serta melakukan kolaborasi dengan pihak swasta, CSR perusahaan dan lembaga non-pemerintah untuk mendapatkan dukungan dana tambahan sehingga program pengembangan keterampilan dapat berjalan secara konsisten dan berkesinambungan dan adapt memberikan dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan anak putus sekolah.</td> </tr> </tbody> </table>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 ies Kumara Dewi;Neysa Amallia;Henni Kusumastuti;Seger Ardiyantohttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsb/article/view/257Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Sistem Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Kota Bengkulu2025-08-27T16:44:14+00:00Idha Sahari Saputraidhasaharisaputra@gmail.comSepti Rindawatisepti68@gmail.comTri Purwantitri99@gmail.com<h4>Pelayan Publik Ditentukan Oleh Penyedia Layanan (Apratur), Yang Harus Disadari Adalah Mereka Sebagai Penyedia Layanan Kepada Masyarakat Dan Mereka Dilayani Degan Baik, Sehingga Faktor-Faktor Dan Indikator Dalam Menentukan Kualitas Pelayanan Publik Dapat Dipenuhi, Hal Ini Pada Akhirnya Akan Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Opini Masyarakat Terbentuk Dalam Membangun Kepuasan Masyarakat Dari Pada Penyedia Layanan Publik Dengan Membandingkan Dari Beberapa Dan Kebutuhan. Penelitian Ini Berjudul Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Sistem Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Kota Bengkulu. Metode Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Metode Kualitatif Dengan Melakukan Wawancara Kepada Wajib Pajak. Wajib Pajak Yang Diwawancarai Berjumlah 30 Orang. Dari Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Tingkat Kepuasan Dari Pelayanaan Sudah Cukup Puas, Dengan Hasil Yaitu 19 Wajib Pajak Menyatakan Sudah Cukup Puas Dengan Pelayanan Yang Diberikan</h4>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Idha Sahari Saputra; Septi Rindawati; Tri Purwantihttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsb/article/view/255Peranan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Desa2025-08-19T03:44:52+00:00Muhammad Sufymuhammadsufy@gamil.comAzuwandri Azuwandriazuwandri24@gmail.comMulyadi Mulyadimulyadi15@gmail.com<p>BUMDES bertujuan memajukan penghasilan warga desa dengan membentuk dan menumbuhkan sumber daya yang dimiliki sebagai modal awal yang perlu dikembangkan dan dijalankan demi kelangsungan dan untuk perkembangan desa secara langsung sesuai dengan kebutuhan dan inisiatif warga desa. Dengan keadaan yang demikian, peneliti memutuskan untuk merumuskan masalah tentang bagaimana Peranan BUMDES Desa Suka Nanti dapat membantu meningkatkan pendapatan desa. Hasil penelitian diperoleh Badan Usaha Milik Desa Sinar Pagi Desa Suka Nanti telah berkontribusi pada peningkatan pendapatan Desa Suka Nanti penelitian juga menunjukkan bahwa BUMDES Sinar Pagi telah berkontribusi dalam pembentukan dan pengembangan program usaha serta perencanaan pengelolaan. Strategi BUMDes untuk meningkatkan pendapatan telah sesuai kemampuan dan potensi masyarakat. Dampak dari BUMDes dalam berperan untuk meningkatkatkan pendapatan desa adalah masyarakat bisa menikmati usaha dan potensi desa untuk memajukan pendapatan desa suka nanti.</p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Muhammad Sufy; Azuwandri; Mulyadihttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsb/article/view/252Analisis Kinerja Pegawai Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat di Kantor Lurah Panorama Kota Bengkulu2025-08-27T16:38:46+00:00Septi WulandariSeptiwulandari@gmail.comM Bima Eka Putrabima97@gmail.comBy Kasdibykasdi11@gmail.com<p>Kinerja pegawai merupakan prestasi kerja yaitu perbandingan antara hasil kerja yang dapat di lihat secara nyata dengan standar kerja yang telah di teteapkan organisasi.kinerja yang berkualitas akan terwujud bila sebuah organisasi dapat memilih calon keryawan yang mempunyai motivasi yang sesuai dengan pekerjaan serta memiliki kualitas yang memungkinkan agar bisa bekerja secara maksimal.Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang undangan bagi setiap warna negara dan penduduk atas barang, jasa, dan pelayana administrasi yang di sediakan oleh penyelenggara negara, koorporasi, lembaga independen yang di bentuk berdasarkan undang-undang untuk pelayanan publik, dan badan hukum lain yang di bentuk semata-mata untuk kegiatan pelayanan publik.Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualifikasi dengan metode studi kasus.data akan di kumpulkan melalui wawancara mendalam dengan informan kunci, yaitu; analisis data akan di lakukan secara induktif untuk menghasilkan kesimpilan yang bersifat umum.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di kantor lurah panorama kota Bengkulu. Dan untuk mengetahui kendala apa saja yang terjadi pada kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di kantor lurah panorama kota bengkulu.</p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Septi Wulandari; M Bima Eka Putra; Buyung Kasdihttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsb/article/view/260Implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (Studi Kasus di Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang) 2025-08-07T17:59:50+00:00Riza Adelia Suryanirizaadeliasuryani@fisip.unsri.ac.idDian Anggraini dian99@gmail.comLisa Mandasari lisa11@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, serta dianalisis melalui empat variabel utama teori implementasi kebijakan George C. Edward III: komunikasi, sumber daya, disposisi (sikap pelaksana), dan struktur organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum implementasi peraturan ini telah berjalan secara optimal; keempat indikator implementasi telah diterapkan, dan mayoritas pegawai menunjukkan kepatuhan terhadap aturan yang berlaku. Namun demikian, masih terdapat sejumlah kendala dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengawasan yang berkelanjutan, lemahnya penegakan sanksi terhadap pelanggaran, serta rendahnya kesadaran disiplin dari sebagian pegawai. Faktor-faktor ini menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi tidak hanya ditentukan oleh struktur formal dan peraturan tertulis, tetapi juga oleh konsistensi pengawasan serta komitmen kolektif aparat pelaksana. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan mekanisme pengawasan internal dan peningkatan kesadaran kedisiplinan melalui pendekatan persuasif maupun tindakan administratif yang tegas.</p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Riza Adelia Suryani, Dian Anggraini, Lisa Mandasarihttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsb/article/view/250Analisis Disiplin Kerja Pegawai Di Kantor Camat Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu2025-08-19T04:51:24+00:00Vina Oktaviavina@gmail.comDesita Rahayudesita22@gmail.comDhika Alfatahdika11@gmail.com<p>Penelitian ini dilakukan di Kantor Camat Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu, adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimana Disiplin Kerja Pegawai di Kantor Camat Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran dan penjelasan mengenai Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Camat Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel penulis menggunakan sampel total sampling, karena semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 18 orang atau yang menjadi responden dalam penelitian ini. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah kualitatif deskriptif yaitu dengan cara mengumpulkan data dan tabel dikelompokkan lalu disusun dan dihubungkan dengan teori-teori yang relevan dengan masalah yang kemudian diambil suatu kesimpulan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat disiplin kerja pegawai di Kantor Camat Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu sudah sangat baik, terbukti hasil wawancara penulis dengan Pegawai Kantor Camat Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu tingkat pelanggaran disiplin tidak ada, bahkan nilai ketaatan pegawai semuanya baik di rata-rata 18 orang pegawai 84,30 berarti baik</p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Vina Oktavia; Desita Rahayu; Dhika Alfatahhttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsb/article/view/258Analisis Efektivitas Pajak Daerah, Retribusi Daerah, dan Hasil Kekayaan Daerah yang Dipisahkan Terhadap Pendapatan Daerah Yang Sah di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Bengkulu2025-08-27T16:49:09+00:00Febi Haji Alam Kesumafebihajialamkesuma@gmail.comRahmat Al Hidayat rahmat11@gmail.comOvita Charolinaovitacha46@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: efektivitas Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Dan Hasil Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Yang Sah di Dinas Pendapatan daerah Bengkulu. Hasil penelitian Bengkulu merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang berupaya dalam meningkatkan dan mengoptimalkan pajak daerah, retribusi daerah dan kekayaan daerah yang dipisahkan.Pajak daerah merupakan komponen yang paling besar kontribusinya sementara untuk retribusi daerah pemerintah masih terus berusaha untuk mengoptimalkannya.Bengkulu memiiki ragam potensi Pendapatan daerah yang memiliki nilai tinggi untuk meningkatkan Pajak Daerah bagi perkembangan, kemajuan, dan kesejahteraan masyarakat. Untuk terselenggaranya pengelolaan Pajak Daerah, Dinas Pendapatan Daerah didukung oleh setiap kegiatan unggulan dan berbagai program terutama dalam memungut pajak daerah yaitu dengan adanya samsat keliling guna meningkatkan pelayanan</p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Febi Haji Alam Kesuma; Rahmat Al Hidayat; Ovita Charolinahttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsb/article/view/246Implementasi Program Keluarga Harapan PKH Dalam Menanggulangi Kemiskinan Di Desa Batu Bandung Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan2025-08-14T17:23:08+00:00Erlian Dwisnudwisnuerlian@gmail.comDiherna Yolandadiherna11@gmail.com<p><em>This study aims to analyze the implementation of the Family Hope Program (PKH) in poverty alleviation efforts in Batu Bandung Village, Pino District, South Bengkulu Regency. PKH is a conditional cash transfer program targeted at poor families with the goal of improving access to health, education, and social welfare services. The study employs a qualitative descriptive method using data collection techniques such as observation, interviews, and documentation. The results show that PKH implementation in Batu Bandung Village has had a positive impact on improving the welfare of beneficiary families, particularly in terms of education and health access. However, several challenges remain, including inaccurate targeting, limited inclusion in the Integrated Social Welfare Data (DTKS), and improper fund utilization. Supporting factors include the commitment of social facilitators and support from local government, while inhibiting factors involve low community understanding of the program’s objectives and weak oversight. Strengthening data accuracy, providing intensive assistance, and conducting continuous public awareness campaigns are necessary to enhance the effectiveness and equity of PKH implementation.</em></p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Erlian Dwisnu, Diherna Yolandahttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsb/article/view/256Analisis Kinerja Pegawai Kantor Camat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik2025-08-27T16:42:35+00:00Irdah Lenairda@gmail.comBambang Sutiknobambang21@gmail.comRijalul Fhikririjalul51@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pegawai kantor camat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Kedurang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunkanan teknik <em>snowball sampling</em> yaitu dimana jumlah informan tidak dapat ditentukan dengan kata lain informan penelitian yang jumlahnya kecil semakin terus bertambah selagi data yang dibutuhkan oleh peneliti belum cukup atau jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukan oleh Anwar Prabu Mangkunegara yaitu kualitas, kuantitas, pelaksanaan tugas, tanggung jawab terhadap pekerjaan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai Kantor Camat Kedurang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah cukup baik, yang ditandai dengan indikator berjalan sesuai keinginan masyarakat.</p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Irdah Lena; Bambang Sutikno; Rijalul Fhikrihttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsb/article/view/253Pengaruh Price, Promotion, Dan Quality Terhadap Kepuasan Konsumen di Dunia Hiburan Keluarga (Funcity) Bengkulu2025-08-27T16:40:16+00:00Selvi Selviselvi@gmail.comGustini Gustinigustini32@gmail.comRidianto RidiantoRidianto44@gmail.com<p>Pada penelitian ini membahas tentang persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan par pelaku bisnis di bidang permainan anak-anak maupun orang dewasa. Funcity merupakan salah satu permainan anak-anak dan orang dewasa di kota Bengkulu, dan di kota Bengkulu Memiliki 2 cabang. Cabang terbesar funcity yang ada di Bengkulu terkenal di Bencoleen Mall di Jln. Pariwisata Pantai Panjang, dan funcity yang kedua terletak di meg mall Bengkulu yang terletak di Jln. Sukamerindu pasar minggu.Funcity harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumennya. Funcity harus melakukan beberapa perbaikan dan inovasi yang dapat meningkatkan kepuasan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive Sampling Method.</p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Selvi; Gustini; Ridiantohttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsb/article/view/251Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik di Desa Jago Bayo Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara2025-08-16T04:38:07+00:00Venny Anggrainivennyanggraini@gmail.comBambang Sutiknobambang11@gmail.comRidianto RidiantoRidianto14@gmail.com<p>Penelitian dilakukan di Desa Jago Bayo Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Desa Jago Bayo Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara dan faktor untuk mengetahui faktor yang menghambat kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Desa Jago Bayo Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, dan masyarakat desa Jago Bayo sebanyak 3 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa analisis kinerja pegawai dilakukan berdasarkan indikator loyalitas, efektifitas dan efisiensi, moral dan potensi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Desa Jago Bayo Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara sudah cukup baik namun harus diperbaiki lagi terutama pada indikator loyalitas dan moral. Dan faktor yang penghambat kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Desa Jago Bayo adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai.</p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Venny Anggraini, Bambang Sutikno, Ridianto