Peningkatan Pengembangan UMKM Mahasiswa Stia Bengkulu di Era Digitalisasi

Penulis

  • Akhli Nur Mubiarto Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Trinanda Utami Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Ranny Sevtiandary Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Lefi Evti Handayani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.56135/jsm.v4i1.211

Kata Kunci:

MSMEs, Digitalization, Private Universities

Abstrak

Peningkatan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kalangan mahasiswa STIA Bengkulu di era digitalisasi merupakan langkah strategis untuk memanfaatkan kemajuan teknologi guna meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha. Digitalisasi memberikan berbagai peluang bagi UMKM mahasiswa, seperti akses pasar yang lebih luas melalui platform e-commerce, pemasaran digital melalui media sosial dan efisiensi operasional menggunakan aplikasi berbasis teknologi. Bertujuan untuk menggali potensi pengembangan UMKM mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi digital dan untuk mengidentifikasi tantangan serta solusi yang dihadapi dalam implementasinya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan UMKM mahasiswa STIA Bengkulu di era digitalisasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi digital sangat berperan dalam meningkatkan visibilitas dan efisiensi bisnis, namun masih terdapat beberapa tantangan, seperti keterbatasan pengetahuan teknologi dan kurangnya akses ke modal. Oleh karena itu, penguatan keterampilan digital, pemanfaatan platform digital yang tepat, serta dukungan dari perguruan tinggi dan lembaga terkait sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan pengembangan UMKM mahasiswa. Dengan penerapan strategi yang tepat, UMKM mahasiswa dapat lebih berkembang dan bersaing di pasar yang semakin terhubung secara global.

Referensi

Firdausya, Lily Zahra. 2023. Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Era Digital Abad 21 Micro, Small And Medium Enterprises (Msme) The Digital Age Of The 21st Century. TALIJAGAD, 2023, 1(3) pp. 14-18

Warsiyah. 2023. Analisis Kebutuhan UMKM di Era Digital terhadap Peningkatan Kinerja UMKM di Bandar Lampung. Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer Volume 7, Nomor 3, Agustus 2023

Irianto, H., Viesta, A. D., Nugroho, A. T., Wahyuni, T., Prabowo, W. C., Hamid, I. N., Anufah, T. N., Permatasari, H. I., Salsabila, A., Sofyana & Hardiyanti, F. Y. (2022).

Digitalisasi UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online di Desa Tengklik. Journal of Cooperative, Small and Medium Enterprise Development, 1(2), 60–64.

UNCTAD. (2019). Digital Economy Report 2019: Value creation and capture–implications for developing countries.

Mukhoryanova, O., Kuleshova, L., Rusakova, N., & Mirgorodskaya, O. (2021). Sustainability of microenterprises in the digital economy. E3S Web of Conferences, 250. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202 125006008

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-21

Cara Mengutip

Mubiarto, A. N., Utami, T., Sevtiandary , R., & Handayani , L. E. . (2025). Peningkatan Pengembangan UMKM Mahasiswa Stia Bengkulu di Era Digitalisasi. Jurnal Semarak Mengabdi, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.56135/jsm.v4i1.211

Terbitan

Bagian

Artikel