https://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/issue/feedJurnal Semarak Mengabdi2025-07-31T04:51:54+00:00Azuwandri, S.E., M.Siazuwandri24@gmail.comOpen Journal Systems<div class="col-md-4 col-xs-4"><strong>e-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220203400723504">2827-9980</a></strong></div> <div class="col-md-4 col-xs-4"><strong>Jurnal Semarak Mengabdi </strong>adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh STIA Bengkulu. <strong>Jurnal Semarak Mengabdi</strong> merupakan jurnal yang bertaraf nasional yang memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Januari dan Juli.</div> <div class="col-md-4 col-xs-4"><strong>Jurnal Semarak Mengabdi</strong>, berisi berbagai kegiatan Mahasiswa dan Dosen sebagian besar di STIA Bengkulu dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Implementasi kegiatan layanan juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra. Kegiatan pelayanan diorganisasikan menjadi kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.</div>https://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/243Penggunaan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kinerja dan Omset Penjualan UMKM di Kabupaten Bengkulu Tengah2025-07-29T06:27:29+00:00Muhartini Salimmuhartini66@gmail.comSeprianti Eka Putrisepti88@gmail.comRina Suthia Hayurina77@gmail.comGustini Gustinistia_gustini@yahoo.com<p>Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan digital marketing bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Bengkulu Tengah . Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimulai dengan tahap persiapan dan survei lapangan. Tahap survei ini dimulai dengan berdiskusi langsung bersama Owner UMKM Bengkulu Tengah, untuk mengidentifikasi kebutuhan, peluang, dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha UMKM. Kemudian, tahap sosialisasi dilakukan oleh tim. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pengetahuan peserta dalam hal ini pelaku usaha UMKM mengenai penggunaan digital marketing sehingga dapat meningkatkan omset penjualan usaha sebelum kegiatan PKM mayoritas berada di kategori kurang memahami. Setelah kegiatan PKM dilaksanakan dan pemaparan materi disampaikan, diketahui bahwa pengetahuan peserta mengenai digital marketing setelah disampaikan semakin meningkat</p>2025-07-29T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Muhartini Salim; Seprianti Eka Putri; Rina Suthia Hayu; Gustinihttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/241Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Konkreat Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini2025-07-29T06:10:30+00:00Azizah Azizahazizah77@gmail.comHarmala Dewiharmala11@gmail.comTini Sulistianitini88@gmail.comAdi Asmaraazizah66@gmail.comTomi Hidayattomi10@gmail.com<table style="height: 389px;" width="871"> <tbody> <tr> <td width="413"> <p>This research aims to increase the student‘s speaking ability who learn at the preschool by using Telling Story with Concrete Media, in this case the author choose “Pineapple”. The authors believe by using concrete media the student’s speaking ability will improve. The subject of this research is the children are fifth until to sixth years, they are one class, it is class B. The school named TK Negeri Pembina Argamakmur. The data collect by documentation, interview and observation. The author use descriptive qualitative as the methodology and analyze data. This research consists of two cycles. At first cycle the author get fact that the student’s speaking ability is lacking, it is prove by the Interview. The student can not explain with detail what are information regarding “Pineapple”. They just give one word; it is prove by the trancript (result of interview (Figure 1)). After got the data the author gives the class treatment. It is Story Telling by using Concrete Media. The teacher entering “Pineapple” in the classroom and ask student to touch and eat”Pineapple”, after that the teacher explain detail information regarding “Pineapple”. After that entering Second Cycle in this stage the author gives Posttest, it is interview, the results show that the student’s speaking ability has improved than before. The students usemore than three sentence consist of more than three words in one sentence. It is proved by transcript (resul of interview (figure 2)). This is as the proven that “Media Concrete” in this research is Pineapple is the suitable technique to increase the student’s speaking ability.</p> <p> </p> </td> </tr> </tbody> </table>2025-07-29T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Azizah; Harmala Dewi; Rina Trisna Yanti; Tini Sulistiani;Tomi Hidayathttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/235Kepemimpinan Pedagogi yang Berfokus Pada Keterampilan Kritikal dan Kreativitas Siswa di Abad 21 Pada SMPN 20 Bengkulu Tengah2025-07-29T06:05:14+00:00Heni Puspita Sariheni.puspitsari@gmail.comDepi Fibriyantikusumasuci851@gmail.comWili Juniarti wilijuniarti@gmail.comTomi Hidayattomihidayat@umb.ac.idAdi Asmaradiasmara@umb.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana implementasi kepemimpinan pedagogis di SMPN 20 Bengkulu Tengah diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa, sejalan dengan tuntutan pendidikan abad ke-21. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan data diperoleh melalui wawancara intensif, pengamatan langsung, dan studi dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, tenaga pendidik, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pedagogis menekankan pentingnya kolaborasi antar guru, penerapan Pendekatan pembelajaran yang berfokus pada tugas proyek dan pemanfaatan perangkat digital dalam mendukung kegiatan belajar-mengajar. Kepala sekolah berperan aktif dalam mendukung pengembangan profesionalisme guru serta membangun budaya inovatif yang mendorong penguatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Disimpulkan bahwa efektivitas kepemimpinan pedagogis dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas sangat bergantung pada konsistensi pelaksanaan visi pendidikan abad ke-21 yang melibatkan seluruh elemen sekolah secara aktif.</p>2025-07-29T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Heni Puspita Sari;Depi Fibriyanti;Wili Juniarti; Tomi Hidayat; Adi Asmarahttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/229Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Berbasis E- Commerce (Membuat Akun di E-Commerce Dengan Baik Untuk Menigkatkan Penjualan Produk Lokal)2025-07-28T04:56:10+00:00Lizar Alfansilizar_alfansi@unib.ac.idFerry Tema Atmajaferry_ta@unib.ac.idSalius Silihsaliussilih@mhs.unib.ac.idSelvin MarsyahSelvinmarsa22@gmail.com<p>Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkulu Tengah melalui pelatihan dan pendampingan pemasaran berbasis e-commerce. Fokus utama kegiatan adalah memperkenalkan pemanfaatan marketplace (khususnya Facebook) sebagai media digital yang efektif dalam memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan omzet penjualan produk lokal. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan pelatihan langsung. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai strategi digital marketing, pengelolaan akun e-commerce, serta pentingnya konten digital dalam menarik konsumen. Pelatihan ini juga mendorong pelaku usaha untuk lebih percaya diri dalam menggunakan teknologi digital sebagai sarana pemasaran produk. Program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal secara berkelanjutan.</p>2025-07-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Lizar Alfans; Ferry Tema Atmaja; Salius Silih; Selvin Marsahttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/247Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Pekon Sidorejo Kabupaten Tanggamus2025-07-31T04:51:54+00:00Lies Kumara Dewi Kumara Dewilieskumaradewi13@gmail.comNeysa Amallianeysaamallia@gmail.comHenni Kusumastutihenniksa65@gmail.comFajar Sasorafajarsasora@gmail.com<p>Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik di Pekon Sidorejo, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus. Latar belakang pengabdian masyarakat ini didasarkan pada keterlibatan masyarakat sebagai bentuk kontrol sosial dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa. Pelaksanaan yang digunakan yaitu melalui ceramah, tanya jawab dan diskusi.Hasil pengabdian masyarakat ini diharapkan semakin meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik dengan dibentuknya wadah formal seperti musyawarah pekon dan Lembaga Himpun Pekon (LHP). Aktivitas pengabdian masyarakat yang dilakukan dalam pengabdian ini berkontribusi pada peningkatan kesadaran warga serta membuka ruang dialog antara masyarakat dan aparatur pekon. Keberhasilan pengabdian didukung oleh kekuatan internal seperti komitmen pelaksana dan dukungan tokoh lokal, serta kesempatan eksternal berupa regulasi nasional dan keterbukaan informasi. Namun demikian, masih terdapat kelemahan internal seperti keterbatasan sumber daya dan hambatan eksternal berupa rendahnya literasi masyarakat dan budaya sungkan. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas masyarakat dan pendampingan berkelanjutan menjadi kunci dalam mewujudkan sistem pengawasan pelayanan publik yang lebih partisipatif dan efektif.</p>2025-07-31T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Lies Kumara Dewi; Neysa Amallia; Henni Kusumastuti; Fajar Sasorahttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/242Analisis Efektivitas Pendekatan Project-Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Seni dan Prakarya2025-07-29T08:09:55+00:00Yanti Endrasariyanti66@gmail.comNuraidah Br Manurungnuraidah55@gmail.comNuning Christiananuning11@gmail.comAdi Asmaraadi66@gmail.comTomi Hidayattomi99@gmail.com<table style="height: 452px;" width="818"> <tbody> <tr> <td width="413"> <p>Pendekatan yang mengutamakan partisipasi aktif siswa melalui aktivitas pembelajaran yang bersifat kontekstual, menantang, serta bermakna, guru dapat menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning/PjBL). Kreativitas merupakan salah satu kompetensi utama yang perlu dikembangkan sejak awal guna mendukung kemampuan abad ke-21 lebih-lebih pada mata Pelajaran Seni dan Prakarya. Studi ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana model PjBL dapat berkontribusi terhadap pengembangan kreativitas peserta didik kelas VII dalam pelajaran Seni dan Prakarya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest pada satu kelompok, tanpa membandingkannya dengan kelompok lain, dengan melibatkan 30 siswa kelas VII sebagai responden. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan instrumen tes kreativitas yang diberikan baik sebelum maupun setelah proses pembelajaran berbasis proyek berlangsung. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam skor kreativitas siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek, jika dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran tradisional.. Model ini terbukti mampu memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan ide-ide, berinovasi, serta menggabungkan berbagai keterampilan melalui kegiatan kolaboratif dan reflektif. Oleh karena itu, PjBL dapat dipertimbangkan sebagai pendekatan pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam menumbuhkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Seni dan Prakarya di jenjang SMP.</p> <p> </p> </td> </tr> </tbody> </table>2025-07-29T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Yanti Endrasari; Nuraidah Br Manurung; Nuning Christiana; Adi Asmara; Tomi Hidayathttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/236Pelatihan Penerapan Sistem Administrasi Digital Pada Masyarakat Desa Kampung Dalam Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong Berbasis Aplikasi Google Form2025-07-28T04:39:33+00:00Yohanes Susantoyohanessusanto31@yahoo.comShinta Wiji Rahayurahayushintawiji@gmail.comWita Wita Hairaniwita67@gmail.comTri Purwantitri77@gmail.com<p>Pemerintah Desa Kampung Dalam, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, masih mengandalkan sistem manual, di mana masyarakat harus datang langsung ke kantor desa untuk mengurus pengajuan dokumen. Penerapan teknologi digital untuk mendukung distribusi surat-menyurat yang lebih efisien akan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan menggunakan sistem digital, masyarakat tidak lagi perlu datang ke kantor desa untuk mengisi data pribadi atau mengajukan permohonan. Sosialisasi yang dilakukan sangat berguna bagi warga Desa Kampung Dalam dalam memahami cara mengisi formulir Google Form yang telah disiapkan oleh perangkat desa. Penggunaan administrasi secara online memudahkan masyarakat untuk mengajukan dokumen yang diperlukan kapan saja dan di mana saja. Masyarakat memberikan respon positif terhadap penggunaan teknologi online untuk pengajuan surat-menyurat. Pembaruan pada Google Sheet memungkinkan penyesuaian nomor dokumen sesuai yang terbaru. Diharapkan setelah sosialisasi, antusiasme masyarakat terhadap sistem administrasi online akan semakin meningkat. Penggunaan sistem online dalam pelayanan publik memberikan kemudahan, fleksibilitas, dan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai teknologi yang diterapkan dalam administrasi desa.</p>2025-07-29T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Yohanes Susanto, Shinta Wiji Rahayu, Wita Hairani,Tri Purwantihttps://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/234Penerapan Kompetensi Guru Anak Usia Dini Dalam Menstimulasi Keterampilan Berbicara Pada TK Negeri Pembina Giri Mulya2025-07-29T06:01:02+00:00Endang Dwi Rahayu Ningsihendah.arma12@gmail.comMike Ismiliamike.ismilia@gmail.comTomi Hidayattomi14@gmail.comAdi Asmarakusumasuci851@gmail.com<table style="height: 244px;" width="887"> <tbody> <tr> <td width="413"><em>Early childhood education holds an essential function in promoting the comprehensive growth of young children through well-planned and organized learning activities. This research focuses on analyzing how early childhood educators at Pembina Giri Mulya State Kindergarten apply their professional competencies to encourage the development of children's speaking abilities. Employing a descriptive qualitative approach, the research explores real conditions in the educational setting. The Data collected using observation, interviews, and documentation techniques. The results indicate the teachers effectively apply various learning methods—such as storytelling, conversation, and singing—to enhance children's verbal communication abilities. These approaches play an essential role in enhancing children's self-confidence, verbal expression, and ability to interact socially.</em></td> </tr> </tbody> </table>2025-07-29T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 Endang Dwi Rahayu Ningsih;Mike Ismiliai;Adi Asmari