Jurnal Semarak Mengabdi https://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm <div class="col-md-4 col-xs-4"><strong>e-ISSN <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220203400723504">2827-9980</a></strong></div> <div class="col-md-4 col-xs-4"><strong>Jurnal Semarak Mengabdi </strong>adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh STIA Bengkulu. <strong>Jurnal Semarak Mengabdi</strong> merupakan jurnal yang bertaraf nasional yang memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Januari dan Juli.</div> <div class="col-md-4 col-xs-4"><strong>Jurnal Semarak Mengabdi</strong>, berisi berbagai kegiatan Mahasiswa dan Dosen sebagian besar di STIA Bengkulu dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Implementasi kegiatan layanan juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra. Kegiatan pelayanan diorganisasikan menjadi kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.</div> id-ID azuwandri24@gmail.com (Azuwandri, S.E., M.Si) dwisnuerlian@gmail.com (Erlian Dwisnu, M.Pd) Tue, 21 Jan 2025 01:09:16 +0000 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGENALAN PEMASARAN ONLINE KERUPUK KERITING PADA PABRIK KERUPUK BAHAGIA KELURAHAN KEBUN TEBENG KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU https://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/202 <p>The introduction of the marketplace aims to add a new online marketing strategy for the curly cracker factory in Kebun Tebeng Village, Ratu Agung District, Bengkulu City in order to expand the marketing network and increase income turnover in sales. Data collection uses observation, interviews and documentation methods. The curly cracker factory began producing and selling its products in 2010. Initially, the cracker factory was selling crackers by utilizing marketing from customers through word of mouth and stall to stall. To increase sales of curly cracker products, this cracker factory needs another alternative to market its products so that it can expand its network by introducing products through the marketplace (Facebook). Using the marketplace platform is not only profitable for the Krupuk Factory itself, but with the training and knowledge provided, Krupuk factory employees can also directly experience the benefits of using the marketplace platform.</p> Youngky Ssetiawan, Sulisti Afriani, Rina Trisna Yanti, Herlin Herlin, Nirta Vera Yustiantianti Hak Cipta (c) 2025 Youngky Setiawan, Sulisti Afriani, Rina Trisna Yanti, Herlin, Nirta Vera Yustiantianti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/202 Tue, 21 Jan 2025 00:00:00 +0000 PENGENALAN PENJUALAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL KUE BAY TAT IBU RIKA DI KOTA BENGKULU https://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/203 <p>Kue Bay Tat merupakan salah satu makanan khas tradisional yang terkenal di daerah Bengkulu. Metode observasi langsung dilakukan untuk mengamati setiap tahapan dalam pembuatan kue tat tersebut. Tujuannya &nbsp;adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial (Intagram) untuk sarana berbelanja online. Perkembangan bisnis melalui media social semakin hari semakin meningkat, seiring dengan meningkatnya pengguna internet di dunia trutama di Indonesia. Media social Instagram telah menjadi salah satu sarana promosi produk yang memiliki prospek sangat baik saat ini. Intagram dengan segala kelebihanya telah memiliki pasar yang sangat luas di seluruh dunia. Selain itu mengingkatkan penjualan Kue Tat dengan memanfaatkan media sosial. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa proses penjualan kue Bay Tat lebih mudah melalui media sosial. Selain itu cara pembuatan Kue Bai Tat termasuk persiapan bahan, pencampuran, pembentukan adonan. Selain itu, juga terdapat proses finishing yang meliputi penambahan topping khas dan pengemasan. Identifikasi ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang tradisi pembuatan kue Bay Tat serta potensi untuk pengembangan lebih lanjut dalam konteks kuliner lokal Kota Bengkulu.</p> Wulan Sapitri, Sulisti Afriani, Siti Hanila, Yesi Indian Ariska, Sri Handayani Hak Cipta (c) 2025 Wulan Sapitri, Sulisti Afriani, Siti Hanila, Yesi Indian Ariska, Sri Handayani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/203 Tue, 21 Jan 2025 00:00:00 +0000