ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA GAUL DALAM IKLAN POP MIE DI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN GENERASI Z

Authors

  • Jelita Karendra Politeknik Negeri Jakarta
  • Mutiara Kemala Dewi Politeknik Negeri Jakarta
  • Naufal Firdaus Politeknik Negeri Jakarta
  • Nabila Amilia Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Daffa Putra Sutisna Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Ridwan Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56135/jabnus.v4i1.196

Keywords:

Impact, slang language, Pop Mie, TikTok, purchase intention, Generation Z

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif untuk mengukur persepsi generasi Z terhadap penggunaan bahasa gaul dalam iklan Pop Mie di platform TikTok dan dampaknya terhadap niat pembelian produk. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yakni generasi Z yang merupakan pengguna aktif media TikTok. Menurut penelitian ini, penggunaan bahasa gaul atau slang pada iklan Pop Mie terbukti efektif  menarik perhatian penonton khususnya generasi Z. Bahasa gaul yang digunakan terkesan santai, relevan dan dekat dengan kehidupan generasi Z sehingga menciptakan hubungan yang emosional yang kuat antara produk dan konsumen. Namun, meskipun bahasa gaul berhasil mendapatkan daya tarik, dampaknya terhadap niat membeli generasi Z masih terbatas. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun relevansi gaya komunikasi itu penting, faktor lain seperti kualitas produk, harga, dan kampanye pemasaran secara keseluruhan juga memainkan peran besar dalam keputusan pembelian.

References

Febriana, I. (2024). "Penyerapan Bahasa Gaul Dalam Bahasa Indonesia Pada Iklan dan Pemasaran Produk". Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(7), 2791—2797.

Kristyowati, Yuli. (2021). Generasi “Z” dan Strategi Melayaninya. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 2 (1), 23—24.

Rizqiani, N., L., Sadali, A., Abadi, M., T. (2024) “Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital: Studi Kasus Penggunaan TikTok Shop oleh Sylviea Collection”. Jurnal Sahmiyya, 3(1), 23—30.

Salim, H. S, Goh Thomas, Margery, E. 2022. "Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Produk Terhadap keputusan Pembelian di PT Furnilux Indonesia". Jurnal Bisnis Kolega, 8 (1), 9—21.

Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). “Benarkah Iklan Online Efektif untuk Digunakan dalam Promosi Perusahaan?” Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 13(1), 28—36.

Satria, R., Imam, D., C. (2024). “Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bahtera Adi Jaya Periode 2018—2022”. Jurnal Ekonomi, Keuanga & Bisnis Syariah, 6(7), 5490—5500.

Shiratina, A., R Indika, D., Komariyah, I., Kania, D., Solihin, E., H. (2020) “Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital”. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 15—23.

Tajuddin, S., Ansoriyah, S., & Setiadi, S. (2024). Sosiolinguistik Sebuah Pengantar Kajian Sosiologi Bahasa. Jawa Tengah: Penerbit Eureka Media Aksara.

Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., Lismayani, A. (2023). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, dan Dokumentasi: Pendidikan di Manajemen Taklim Annur Sejahtera”. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1—8.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Karendra, J., Kemala Dewi, M., Firdaus, N., Amilia, N., Sutisna, M. D. P., & Ridwan, M. (2025). ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA GAUL DALAM IKLAN POP MIE DI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN GENERASI Z. Jurnal Administrasi Bisnis Nusantara, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.56135/jabnus.v4i1.196

Issue

Section

Artikel