Pembinaan dan Pengawasan Organisasi Kemasyarakatan oleh Badan Kesbangpol di Provinsi Lampung

Authors

  • Lies Kumara Dewi FISIP Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Henni Kusumastuti Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Lampung
  • Bagus Waskita Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.56135/jsb.v10i1.159

Keywords:

Pembinaan, Pengawasan, Organisasi Kemasyarakatan

Abstract

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik disingkat Badan Kesbangpol adalah sebuah badan yang mempunyai tugas melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap organisasi kemasyarakatan. Organisasi Kemasyarakatan, selanjutnya disingkat ormas, merupakan salah satu wadah bagi masyarakat untuk mengekspresikan kebebasannya dalam berserikat dan berkumpul serta menyalurkan pendapat dan pikiran dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Di era globalisasi saat ini dimana semakin menguatnya proses demokratisasi dan keterbukaan serta perkembangan teknologi dan informasi, semakin banyak bermunculan berbagai organisasi kemasyarakatan yang berbasis keagamaan baik yang terdaftar maupun tidak terdaftar seperti Khilafatul Muslimin. Di satu sisi fenomena ini menunjukkan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berdemokrasi dan berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, berperan aktif dalam pembangunan melalui kegiatan organisasi kemasyarakatan tersebut, akan tetapi di sisi yang lain dibutuhkan pembinaan dan pengawasan terhadap kemunculan berbagai organisasi kemasyarakatan agar kegiatan ormas tersebut tidak menyimpang dari Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh Badan Kesbangpol Provinsi Lampung terhadap organisasi kemasyarakatan baik terdaftar maupun tidak terdaftar berupa kunjungan silaturahmi, sosialisasi dan dialog interaktif mengenai wawasan kebangsaan, Pancasila, UUD Negara RI Tahun 1945 dan NKRI.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Lies Kumara Dewi, Henni Kusumastuti, & Waskita, B. (2024). Pembinaan dan Pengawasan Organisasi Kemasyarakatan oleh Badan Kesbangpol di Provinsi Lampung. Jurnal STIA Bengkulu : Committe to Administration for Education Quality, 10(1), 97–106. https://doi.org/10.56135/jsb.v10i1.159

Issue

Section

Artikel