Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik di Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu

Authors

  • Hadi Poernomo Universitas Prof Dr. Hazairin,SH
  • Hernowo Novi Yanto Universitas Prof Dr Hazairin SH
  • Heru Punawan Universitas Prof Dr Hazairin SH

DOI:

https://doi.org/10.56135/jsb.v11i1.200

Keywords:

Kata Kunci : Evaluasi, Kinerja Pelayanan dan Kualitas Pelayanan

Abstract

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di kecamatan diperlukan adanya evaluasi kerja kecamatan, agar kinerja kecamatan dalam memberikan pelayanan dapat diukur dan dinilai secara objektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan publik dan Bagaimana evaluasi kinerja pelayanan publik di Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kinerja Pelayanan publik di Kecamatan Teluk Segara sudah baik dan memberikan kepuasan kepada masyarakat. Masyarakat dapat melakukan administrasi dengan waktu dan informasi secara jelas dan tepat. Tidak hanya itu, Kantor Kecamatan Teluk Segara juga menyediakan wadah pengaduan untuk masyarakat dan menangani dengan cepat jika ada keluhanan dari masyarakat. Dalam memberikan pelayanan dan Ketepatan waktu dalam pelayanan yang telah dilakukan sudah cukup baik, ini terbukti dengan adanya SOP yang diikuti pegawai yang mengutamakan 3S : Senyum, salam dan sapa dan berusaha semaksimal mungkin tepat waktu dan tidak membuat masyarakat menunggu. Namun masih ada perlu perbaikan yang perlu dilakukan diantaranya SOP yang belum jelas, beberapa pegawai yang belum ramah dan fasilitas yang kurang memadai untuk pengoptimalan pelayanan.

                                                                                           

References

Affrian, Reno. 2020. 53 Journal of Chemical Information and Modeling “Model – Model Evaluasi Kebijakan Publik.” Jakarta: Bumi Aksara

Agustanico Dwi Muryadi. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01(1), 1–7

Ananda, Rusydi dan M. hu. Tien Rafida. 2017. Pengantar Evaluasi Program. Medan: Perdana Publishing.

Aneta, A., Soleman, E., & Kamuli, S. 2020. The Effectiveness of Online-Based Licensing Services at The Capital Investment and Integrated One-Stop Services (DPM-PTSP) in The Fourth Industrial Revolution. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 10 (1), 143 https://doi.org/10.26858/jiap.v10i1.14130

Ayuningtyas, Dumilah (2023). Kebijakan Publik Prinsip dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Deddy Mulyadi. 2016. Studi Kebijakan Publik Dan Pelayanan Publik: Konsep Dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Erdan T. V., & Hariani, D. (2017). Analisis Efektivitas Organisasi Dalam Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/16794

Herman, Husnani, Bambang. (2019). Kinerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat dalam pengurusan ktp-el dengan kualitas pelayanan sebagai variabel moderasi di kecamatan batam kota, BATAM. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Halimah, N. (2020). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru di SMPN 03 dan SMPN 17 Tangerang Selatan.

Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Yogyakarta: Gava Media

Irene MJA, dkk (2016). Buku Penilaian BUPENA.Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama.

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Nomor 81 Tahun 1993 adalah pedoman tata laksana pelayanan umum.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Micheal.M . 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan (Terjemahan. Yogyakarta : Gava Media)

Mesiono. (2017). Manajemen Pendidikan Raudhatul Athfal (RA) Pengantar Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing

Moenir. 2015, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Jakarta: PT Bumi Aksara

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik

Peraturan Menteri Dalam negeri Nomor 4 tahun 2010 Tentang Pedoman Pelayanan Adminitrasi Terpadu Kecamatan

Rismawati, Mattalata. 2018. Evaluasi Kinerja Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan. Makassar : Celebes Media Perkasa

Sinambela. (2017). Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Surat Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara No. 63 tahun 2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik

Sugiyono. 2016. Metode Kuantitatif Dan Kualitatif, Cv. Aviva Beta

Suhartoyo, (2019),Implementasi Fungsi Pelayanan Publik dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Adminitrative Law & Governance Journal

Undang-undang Republik Indonesia pasal 1 nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Widia, Harbi, Pasolong. 2019. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta

Wuri, Jufandi. (2019). Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Publik Di Era Covid-19. Unsrat. Manado

Yulianto, (2020). Meningkatkan Kopetensi Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Menuju Era New Normal. Prosiding Seminar Stiami Vol 7, No. 2. STIAMI. Jakarta

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Poernomo, H., Novi Yanto, H., & Punawan, H. (2025). Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik di Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Jurnal STIA Bengkulu : Committe to Administration for Education Quality, 11(1), 33–44. https://doi.org/10.56135/jsb.v11i1.200

Issue

Section

Artikel