PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DI ERA DIGITAL : INOVASI DAN PELUANG EKONOMI UNTUK GENERASI MUDA DI SMAN 1 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.56135/jsm.v3i2.165Kata Kunci:
entrepreneurship, digital era, the digital worldAbstrak
Ada beberapa hal yang membuat kendala-kendala berwirausaha dapat diminimalisir dalam era digital ini, yakni dengan membuat upaya berwirausaha menjadi lebih cepat, lebih terjangkau, lebih mudah, bahkan menciptakan banyak kesempatan kolaborasi sehingga dapat membuat suatu usaha menjadi lebih efektif. Dunia digital menawarkan sumber daya baru yang sangat luas bagi para wirausahawan untuk memanfaatkan, mulai dari pengumpulan data terbuka, konten, kode, dan layanan yang tumbuh secara eksponensial hingga kontribusi online pengguna dan komunitas di seluruh dunia. Sosialisasi dilakukan dalam pelatihan ini dengan memberikan pemaparan tentang prinsip-prinsip dasar kewirausahaan masih berlaku dan dapat diaplikasikan di dunia kewirausahaan digital ini, seperti: menumbuhkan pola pikir kewirausahaan, mengidentifikasi peluang yang baik, mengenal pelanggan Anda, memenuhi ketentuan legal, maupun berupaya untuk meningkatkan modal pada siswa–siswi SMAN 1 Kota Bengkulu sehingga dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan digital, perubahan mendasar terletak pada upaya untuk aktif dalam aktivitas bisnis dan terkoneksi dengan masyarakat yang telah melek digital.
Referensi
Allen, J.A . 2019. Digital Entrepreneurship. New York: Routledge
Afrina Yasmin, Sadia Tasneem, dan Kaniz Fatema. 2015. Pemanfaatan Digital Marketing. Jakarta: Selemba Empat .
Correani, A., De Massis, A., Frattini, F., Petruzzelli, A. M., & Natalicchio, A. (2020). Implementing a digital strategy: Learning from the experience of three digital transformation projects. California Management Review, 62(4), 37-56.
Fajrillah, F., Purba, S., Sirait, S., Sudarso, A., Sugianto, S., Sudirman, A., & Simarmata, J. (2020). Smart entrepreneurship: peluang bisnis kreatif & inovatif di era digital. Yayasan Kita Menulis.
Favari, E. (2020). Sustainability in (Mega) Project Management—A Business Case for Project Sustainability. In Megaproject Management (pp. 15-26). Springer, Cham.
Gustini, G., Azuwandri, A., Susanto, Y., Putri, S., & Faridah, F. (2024). Pelatihan Penggunaan Digital Marketing (E-Commerce) Untuk UMKM Jamur Tiram Berbasis Digital Di Desa Kelindang Atas Kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Semarak Mengabdi, 3(1), 21-26.
Harsono, H., & Kiswara, G. J. (2022). Pengaruh Rantai Pasokan Digital pada Kinerja Organisasi: Studi Empiris di Industri Pertahanan. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(6), 80-90.
Hendarsyah, D. (2019). E-commerce di era industri 4.0 dan society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171-184.
Kwilinski, A., Dalevska, N., Kravchenko, S., Hroznyi, I., & Kovalenko, O. (2019). Formation of the entrepreneurship model of e-business in the context of the introduction of information and communication technologies. Journal of Entrepreneurship Education, 22, 1-7.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing. Jakarta: Selemba Empat
Sanjaya, Ridwan dan Tarigan Josua. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta: PT ElexMedia Komputindo
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Iswidana Utama Putra, Nirta Vera Yustanti, Sri Handayani, Siti Hanila, Andriyani Prawitasari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.