Pelatihan Conten Creator Pemula Dalam Memasuki Industri Konten di Kabupaten Bengkulu Tengah

Penulis

  • Gustini Gustini Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Azuwandri Azuwandri Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Rahmat Al Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Romdana Romdana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Rijalul Fhikri Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.56135/jsm.v4i1.212

Kata Kunci:

content creator, pelatihan, digital, media sosial, Bengkulu Tengah

Abstrak

Era digital telah membuka peluang besar bagi masyarakat untuk berkarier sebagai content creator. Kabupaten Bengkulu Tengah memiliki potensi budaya dan sumber daya lokal yang dapat dipromosikan melalui konten digital, namun masih banyak masyarakat, khususnya pemula, yang belum memahami teknik dasar pembuatan konten kreatif. Pelatihan content creator pemula ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dasar dalam membuat konten, termasuk teknik fotografi, videografi, storytelling, dan editing sederhana. Selain itu, pelatihan ini juga membahas strategi pemanfaatan media sosial sebagai platform promosi dan monetisasi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang pembuatan konten yang relevan, inovatif, dan berdampak positif. Program ini diharapkan dapat membuka peluang karier baru serta meningkatkan promosi potensi lokal di Kabupaten Bengkulu Tengah

Referensi

Firmansyah, L. M. (2022). (https://www.fortuneidn.com/tech/luky/berapa-penggunainternet-indonesia-per-2022-berikut-datanya, Diakses pada tanggal 30 Desember 2022)

Fitriani, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Bagi Masyarakat. Paradigma Vol 19 No 2. Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-

Philbrick, J. L., & Cleveland, A. D. (2015). Personal Branding: Building Your Pathway to Professional Success. Medical Reference Services Quarterly , 181-189.

Sundawa, Y. A., & Trigartanti, W. (2018). Fenomena Content Creator di Era Digital. Prosiding Hubungan Masyarakat.

Vania, H. F. (2022). (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/20/73-persenmasyarakat-mendapatkan-informasi-dari-media-sosial, Diakses pada tanggal 30 Desember 2022).

Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah dasar

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS ... Sayugi. (2018, September 14)

Sayugi,(2018, September 14). Content Creator, Apa sih artinya? From GRProject:https://grproject.tech/2018/02/14/content-creator-apa- sihartinya

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-21

Cara Mengutip

Gustini, G., Azuwandri, A., Al Hidayat , R., Romdana, R., & Fhikri , R. (2025). Pelatihan Conten Creator Pemula Dalam Memasuki Industri Konten di Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Semarak Mengabdi, 4(1), 27–32. https://doi.org/10.56135/jsm.v4i1.212

Terbitan

Bagian

Artikel