Penggunaan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kinerja dan Omset Penjualan UMKM di Kabupaten Bengkulu Tengah

Penulis

  • Muhartini Salim Universitas Bengkulu
  • Seprianti Eka Putri Universitas Bengkulu
  • Rina Suthia Hayu Universitas Bengkulu
  • Gustini Gustini Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.56135/jsm.v4i2.243

Kata Kunci:

Teacher competence, Speaking skills,Early childhood

Abstrak

Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan digital marketing bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Bengkulu Tengah . Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimulai dengan tahap persiapan dan survei lapangan. Tahap survei ini dimulai dengan berdiskusi langsung bersama Owner UMKM Bengkulu Tengah, untuk mengidentifikasi kebutuhan, peluang, dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha UMKM. Kemudian, tahap sosialisasi dilakukan oleh tim. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pengetahuan peserta dalam hal ini pelaku usaha UMKM mengenai penggunaan digital marketing sehingga dapat meningkatkan omset penjualan usaha sebelum kegiatan PKM mayoritas berada di kategori kurang memahami. Setelah kegiatan PKM dilaksanakan dan pemaparan materi disampaikan, diketahui bahwa pengetahuan peserta mengenai digital marketing setelah disampaikan semakin meningkat

Referensi

Apriyanti, M., & Sari, M. (2021). Peran media sosial dalam meningkatkan penjualan UMKM di era digital. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(2), 134–142.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing (7th ed.). Pearson Education.

Haryanto, A. T., & Suryani, T. (2021). The effect of digital marketing on MSME performance: Empirical study in Indonesia. International Journal of Entrepreneurship, 25(3), 1–10.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. Wiley.

Kusumawardhani, D. (2020). The role of digital marketing in improving SME’s marketing performance during COVID-19 pandemic: Evidence from Indonesia. International Journal of Business, Economics and Law, 23(1), 67–75.

Purwaningsih, Y. (2021). Analisis pengaruh digital marketing terhadap kinerja UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 6(1), 56–64.

Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinants of e-commerce adoption by SMEs in developing country: Evidence from Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 142–150. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.423

Susanti, H., & Lestari, A. T. (2020). Strategi digital marketing terhadap peningkatan penjualan UMKM pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 21(1), 45–56.

Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 57(6), 703–708. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2014.07.002

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2022). Laporan tahunan UMKM dan transformasi digital. https://kemenkopukm.go.id

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-29

Cara Mengutip

Salim, M., Eka Putri, S., Suthia Hayu, R., & Gustini, G. (2025). Penggunaan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kinerja dan Omset Penjualan UMKM di Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Semarak Mengabdi, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.56135/jsm.v4i2.243

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama