Penggunaan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kinerja dan Omset Penjualan UMKM di Kabupaten Bengkulu Tengah
DOI:
https://doi.org/10.56135/jsm.v4i2.243Kata Kunci:
Teacher competence, Speaking skills,Early childhoodAbstrak
Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan digital marketing bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Bengkulu Tengah . Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimulai dengan tahap persiapan dan survei lapangan. Tahap survei ini dimulai dengan berdiskusi langsung bersama Owner UMKM Bengkulu Tengah, untuk mengidentifikasi kebutuhan, peluang, dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha UMKM. Kemudian, tahap sosialisasi dilakukan oleh tim. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pengetahuan peserta dalam hal ini pelaku usaha UMKM mengenai penggunaan digital marketing sehingga dapat meningkatkan omset penjualan usaha sebelum kegiatan PKM mayoritas berada di kategori kurang memahami. Setelah kegiatan PKM dilaksanakan dan pemaparan materi disampaikan, diketahui bahwa pengetahuan peserta mengenai digital marketing setelah disampaikan semakin meningkat
Referensi
Apriyanti, M., & Sari, M. (2021). Peran media sosial dalam meningkatkan penjualan UMKM di era digital. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(2), 134–142.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing (7th ed.). Pearson Education.
Haryanto, A. T., & Suryani, T. (2021). The effect of digital marketing on MSME performance: Empirical study in Indonesia. International Journal of Entrepreneurship, 25(3), 1–10.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. Wiley.
Kusumawardhani, D. (2020). The role of digital marketing in improving SME’s marketing performance during COVID-19 pandemic: Evidence from Indonesia. International Journal of Business, Economics and Law, 23(1), 67–75.
Purwaningsih, Y. (2021). Analisis pengaruh digital marketing terhadap kinerja UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 6(1), 56–64.
Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinants of e-commerce adoption by SMEs in developing country: Evidence from Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 142–150. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.423
Susanti, H., & Lestari, A. T. (2020). Strategi digital marketing terhadap peningkatan penjualan UMKM pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 21(1), 45–56.
Tiago, M. T. P. M. B., & Veríssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Business Horizons, 57(6), 703–708. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2014.07.002
Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2022). Laporan tahunan UMKM dan transformasi digital. https://kemenkopukm.go.id
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhartini Salim; Seprianti Eka Putri; Rina Suthia Hayu; Gustini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.