Analisis Efektivitas Pendekatan Project-Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Seni dan Prakarya
DOI:
https://doi.org/10.56135/jsm.v4i2.242Kata Kunci:
Project-Based Learning, kreativitas, Seni dan Prakarya, Skills.Abstrak
Pendekatan yang mengutamakan partisipasi aktif siswa melalui aktivitas pembelajaran yang bersifat kontekstual, menantang, serta bermakna, guru dapat menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning/PjBL). Kreativitas merupakan salah satu kompetensi utama yang perlu dikembangkan sejak awal guna mendukung kemampuan abad ke-21 lebih-lebih pada mata Pelajaran Seni dan Prakarya. Studi ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana model PjBL dapat berkontribusi terhadap pengembangan kreativitas peserta didik kelas VII dalam pelajaran Seni dan Prakarya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest pada satu kelompok, tanpa membandingkannya dengan kelompok lain, dengan melibatkan 30 siswa kelas VII sebagai responden. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan instrumen tes kreativitas yang diberikan baik sebelum maupun setelah proses pembelajaran berbasis proyek berlangsung. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam skor kreativitas siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek, jika dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran tradisional.. Model ini terbukti mampu memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan ide-ide, berinovasi, serta menggabungkan berbagai keterampilan melalui kegiatan kolaboratif dan reflektif. Oleh karena itu, PjBL dapat dipertimbangkan sebagai pendekatan pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam menumbuhkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Seni dan Prakarya di jenjang SMP.
Referensi
Fauziah, A., Ramadhani, R., & Syamsuddin, S. (2025). Meningkatkan kreativitas siswa melalui pendekatan Project-Based Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hakim, A., & Nurdyansyah, N. (2025). Desain pembelajaran kreatif berbasis proyek di era digital. Surabaya: Akademia Press.
Lestari, D., & Kinesti, M. (2025). Pergeseran paradigma dalam pembelajaran Seni dan Prakarya. Bandung: CV Edukomunika.
Media Scanter. (2024). Inovasi pembelajaran abad ke-21: Penerapan PjBL di sekolah menengah pertama. Jakarta: Scanter Media Group.
Kang, G., Ji, H., & Yoon, J. Y. (2025). The effect of community health nurse-led multi-faceted group-based frailty prevention program for older adults: A multi-site pretest-posttest design. BMC Nursing, 24, Article 746
Nursaya’bani, M., Putri, T. A., & Handayani, Y. (2025). Penguatan kompetensi 4C dalam pendidikan abad ke-21. Malang: Literasi Nusantara.
Telaumbanua, S., Hanafiah, R., & Prasetyo, W. (2025). Efektivitas pendekatan PjBL pada pembelajaran Seni dan Prakarya kelas VII. Jurnal Pendidikan Kreatif, 10(2), 112–124.
Dr. Budi Santoso. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek: Inovasi untuk Mengembangkan Kreativitas dan Keterampilan Abad 21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prof. Dr. Ratna Sari Dewi & Dr. Joko Susilo. (2021). Mengembangkan Kreativitas Siswa Melalui Pendekatan Proyek dalam Pembelajaran Seni Budaya. Yogyakarta: Andi Offset.
Dra. Fitriana Nugraheni, M.Pd., Ir. Bambang Hermanto. (2019). Prakarya dan Kewirausahaan: Panduan Pembelajaran Inovatif Berbasis Proyek untuk Siswa SMP. Jakarta: Erlangga.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yanti Endrasari; Nuraidah Br Manurung; Nuning Christiana; Adi Asmara; Tomi Hidayat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.