Pemanfaatan Media Online Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Tempe di Desa Penyandingan Kecamatan Kaur Tengah Kabupaten Kaur
DOI:
https://doi.org/10.56135/jsm.v4i2.249Kata Kunci:
Digital Marketing, Penjualan , Produk TempeAbstrak
Tempe merupakan produk makanan yang cukup banyak diminati oleh masyarakat baik pada masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Tempe termasuk kedalam kelompok bahan pangan pelengkap seperti lauk pauk. Produksi tempe hampir tersebar luas diseluruh wilayah Indonesia karena tempe dapat diolah baik menjadi lauk ataupun sebagai bahan campuran sayur mayur. Minat masyarakat terhadap tempe membuat banyak orang tertarik untuk membuat tempe. Usaha tempe sudah ada sejak dahulu dan masih ada sampai sekarang.Produksinya skala rumah tangga dan menggunakan peralatan sederhana. Proses pemasaran dilakukan secara tradisional dengan langsung ke pasar lokal. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan tentang inovasi pemasaran tempe menggunakan media online agar dapat meningkatkan pendapatan. Hasil pengabdian masyarakat yaitu terjadi peningkatan dalam penjualan menggunakan media online, terutama melalui whatsapp, facebook. Peningkatan penjualan juga didukung oleh hygiene sanitasi makanan yang telah dilakukan dengan menjaga kebersihan dan kerapian kemasan tempe. Harga tempe tetap dipertahankan sehingga terjangkau bagi konsumen
Referensi
Akbar, R., Winanda, T. Y., Rahmayani, M., Yetti, D., & Yelmi, H. (2022). Analisa
Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM di Kabupaten Kampar. Jurnal Sains dan Ilmu Terapan, 5(2), 47–54. https://doi.org/10.59061/jsit.v5i2.77
Andy Prasetyo Wati, Jefry Aulia Martha, A. I. (2020). Digital Marketing. In N. A. Fransiska
(Ed.), Edulitera (Vol. 4). Diambil dari https://repository.um.ac.id/1150/1/fullteks.pdf
Fachrina, R., & Nawawi, Z. M. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan
Penjualan UMKM di Kabupaten Siak. jimpa (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan
Syariah), 2(1), 247–254. Diambil dari http://books.google.com.co/books?id=iaL3AAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq
Harini, C., Wulan, H. S., & Agustina, F. (2021). Upaya Meningkatkan Volume Penjualan
Menggunakan Digital Marketing Pada Umkm Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 23(2), 90–96. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v23i2.16860
Jasri, Nadia Arfan, Hasanuddin, H. A. H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya
Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
Juliandra, Galih Gunawan, Muhammad Isral Tanjung, Nanda Fajar, M., & Nofirda, F. A.
(2024). Analisis Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5249–5253.
Muljanto Silajadja, Pamela Magdalena, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital
Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 88–100. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i2.1001
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan
Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dhika Alfatah; Ridianto; Romdana; Mulyadi; Agustria Hestiana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.