Pemanfaatan Media Online Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Tempe di Desa Penyandingan Kecamatan Kaur Tengah Kabupaten Kaur

Penulis

  • Dhika Alfatah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Ridianto Ridianto Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Romdana Romdana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Mulyadi Mulyadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Agustri Hestiana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.56135/jsm.v4i2.249

Kata Kunci:

Digital Marketing, Penjualan , Produk Tempe

Abstrak

Tempe merupakan produk makanan yang cukup banyak diminati oleh masyarakat baik pada masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Tempe termasuk kedalam kelompok bahan pangan pelengkap seperti lauk pauk. Produksi tempe hampir tersebar luas diseluruh wilayah Indonesia karena tempe dapat diolah baik menjadi lauk ataupun sebagai bahan campuran sayur mayur. Minat masyarakat terhadap tempe membuat banyak orang tertarik untuk membuat tempe. Usaha tempe sudah ada sejak dahulu dan masih ada sampai sekarang.Produksinya skala rumah tangga dan menggunakan peralatan sederhana. Proses pemasaran dilakukan secara tradisional dengan langsung ke pasar lokal. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan tentang inovasi pemasaran tempe menggunakan media online agar dapat meningkatkan pendapatan. Hasil pengabdian masyarakat yaitu terjadi peningkatan dalam penjualan menggunakan media online, terutama melalui whatsapp, facebook. Peningkatan penjualan juga didukung oleh hygiene sanitasi makanan yang telah dilakukan dengan menjaga kebersihan dan kerapian kemasan tempe. Harga tempe tetap dipertahankan sehingga terjangkau bagi konsumen

Referensi

Akbar, R., Winanda, T. Y., Rahmayani, M., Yetti, D., & Yelmi, H. (2022). Analisa

Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM di Kabupaten Kampar. Jurnal Sains dan Ilmu Terapan, 5(2), 47–54. https://doi.org/10.59061/jsit.v5i2.77

Andy Prasetyo Wati, Jefry Aulia Martha, A. I. (2020). Digital Marketing. In N. A. Fransiska

(Ed.), Edulitera (Vol. 4). Diambil dari https://repository.um.ac.id/1150/1/fullteks.pdf

Fachrina, R., & Nawawi, Z. M. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan

Penjualan UMKM di Kabupaten Siak. jimpa (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan

Syariah), 2(1), 247–254. Diambil dari http://books.google.com.co/books?id=iaL3AAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq

Harini, C., Wulan, H. S., & Agustina, F. (2021). Upaya Meningkatkan Volume Penjualan

Menggunakan Digital Marketing Pada Umkm Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 23(2), 90–96. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v23i2.16860

Jasri, Nadia Arfan, Hasanuddin, H. A. H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya

Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452

Juliandra, Galih Gunawan, Muhammad Isral Tanjung, Nanda Fajar, M., & Nofirda, F. A.

(2024). Analisis Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5249–5253.

Muljanto Silajadja, Pamela Magdalena, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital

Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 88–100. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i2.1001

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan

Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Alfatah, D., Ridianto, R., Romdana, R., Mulyadi, M., & Hestiana, A. (2025). Pemanfaatan Media Online Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Tempe di Desa Penyandingan Kecamatan Kaur Tengah Kabupaten Kaur. Jurnal Semarak Mengabdi, 4(2), 99–106. https://doi.org/10.56135/jsm.v4i2.249

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2