Strategi Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Lurah Pekan Sabtu Kecamatan Selebar Kota Bengkulu

Authors

  • Tri Aprisal Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Azuwandri Azuwandri Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Ditasman Ditasman Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.56135/jsb.v11i1.209

Keywords:

Strategi, Motivasi Kerja, Pegawai

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi motivasi kerja pegawai di Kantor Lurah Pekan Sabtu Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Untuk mengetahui penghambat motivasi kerja pegawai di Kantor Lurah Pekan Sabtu Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa Strategi motivasi kerja pegawai di Kantor Lurah Pekan Sabtu Kecamatan Selebar Kota Bengkulu telah dilakukan dengan baik dimana Lurah memberikan motivasi kepada pegawai dengan berbagai macam strategi yakni memberikan penghargaan, peluang, komunikasi, menjaga lingkungan kerja, memberikan suport untuk maju agar pegawai dapat bekerja lebih bersemangat dan menghasilkan pekerjaan yang lebih baik. Penghambat dalam memotivasi kerja pegawai di Kantor Lurah Pekan Sabtu Kecamatan Selebar Kota Bengkulu adalah masih ada pegawai yang kurang semangat dalam bekerja, kurang disiplin, tidak mengindahkan peraturan, kurang baik dalam pelayanan hal ini disebabkan kurang kontrolnya atasan terhadap aturan yang telah diterapkan

References

Ahmad. 2020. Manajemen Strategis. Makassar: Nass Media Pustaka.

Badaruddin Achmad. 2017. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Jakarta: CV Abe Kreatifindo.

Danang Sunyoto. 2023. Memahami Teori-Teori Yang Membahas Motivasi Kerja. Banjarmasin: Eureka Media Aksara.

Effendi, Muh Arief. 2016. 2016. The Power of Good Corporate Governance: Teori Dan. Implementasi. Jakarta: Salemba Empat.

Erni Tisnawati Sule dan Kurniawan Saifullah. 2019. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Hamali, A. Y. 2018. Pemahaman Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT Buku. Seru.

Hamzah B Uno. 2018. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Grup.

Hege, Marselinda. 2023. “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Lurah Ona’tali, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao.” Jurnal Administrasi Terapan VOL 2, NO.

Malayu S.P. Hasibuan. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Ed. Revisi. Jakarta : PT Bumi Aksara. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mangkunegara. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Cetakan Ke Dua Belas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maulidina, Maida. 2019. “Analisa Penempatan, Motivasi Kerja, Dan Pengembngan Karir Terhadap Kepuasan Kerja Di PT.Angkasa Pura II (PERSERO) BAndara Husein Sastranegara Bandung.” Universitas komputer indonesia bandung. https:// elibrary. unikom. ac.id/id/ eprint/842/8/ unikom_ maida maulidina n.a_21214145_bab 2.pdf.

Nazir, Moh. 2018. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Novi. 2021. “Pengertian Strategi Serta Jenis, Tujuan Dan Contohnya.” https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-strategi/ (May 29, 2024).

Sedarmayanti. 2015a. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.

———. 2015b. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, Dan Kepemimpinan Masa Depan. Bandung: Refika Aditama.

Stephen Robbins. 2016. Perilaku Organisasi. Edisi Kesepuluh. Jakarta: indeks.

Wibowo. 2015. Manajemen Kinerja Edisi Kelima,. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Aprisal, T., Azuwandri, A., & Ditasman, D. (2025). Strategi Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Lurah Pekan Sabtu Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Jurnal STIA Bengkulu : Committe to Administration for Education Quality, 11(1), 89–100. https://doi.org/10.56135/jsb.v11i1.209

Issue

Section

Artikel