Implementasi Program Pengembangan Keterampilan Bagi Anak Putus Sekolah Di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung

Authors

  • Lies Kumara Dewi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Neysa Amallia Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Henni Kusumastuti Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
  • Seger Ardiyanto Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

DOI:

https://doi.org/10.56135/jsb.v11i2.248

Keywords:

School Dropouts, Skills Development Program

Abstract

Program pengembangan keterampilan bagi anak putus sekolah oleh Dinas Sosial Kota Bandar Lampung dilakukan untuk mengatasi masalah anak putus sekolah dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan anak putus sekolah. Dalam implementasinya, berbagai keterampilan yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan anak putus sekolah dan lapangan kerja antara lain tata boga, bakery, menjahit, otomotif dan barista.  Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala yag menjadi tantangan dalam pelaksanaannya yaitu keterbatasan sumber daya manusia atau instruktur yang professional dan ahli dalam bidangnya, sarana dan prasarana pelatihan yang kurang memadai, dan kurangnya dana untuk kesinambungan program. Hasil penelitian menunjukan implementasi program pengembangan keterampilan bagi anak putus sekolah di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung telah berjalan dengan baik dengan menerapkan beberapa strategi yaitu berkoordinasi dengan lembaga terkait, memberikan sosialisasi terhadap masyarakat serta menjalin kemitraan dengan lembaga pelatihan dan dunia kerja. Agar program tersebut terlaksana dengan optimal, Dinas sosial Kota Bandar Lampung perlu memperluas sosialisasi program pengembangan keterampilan melalui berbagai media sosial, website maupun aplikasi digital agar informasi dapat menjangkau lebih banyak anak putus sekolah, meningkatkan ketersediaan kapasitas sumber daya manusia, fasilitas sarana prasarana pelatihan, serta melakukan kolaborasi dengan pihak swasta, CSR perusahaan dan lembaga non-pemerintah untuk mendapatkan dukungan dana tambahan sehingga program pengembangan keterampilan dapat berjalan secara konsisten dan berkesinambungan dan adapt memberikan dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan anak putus sekolah.

References

Amirullah dan Budiyono, Haris.(2019).Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019).Peningkatan kualitas pendidikan: Program pendidikan profesi guru prajabatan dalam pemenuhan kebutuhan guru profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i1.1229

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional.(2003). Pedoman Umum Pengembangan Kecakapan Hidup. Jakarta: Depdiknas.

Fandy Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan.Edisi 1.Yogyakarta.

Moleong, Lexy J. (2014).Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2007). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rifai, Muhammad. (2019). Manajemen Organisasi Pendidikan, Medan: CV. Humanis.

Sedarmayanti. (2009) Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.

Subarsono, A. (2011). Kebijakan publik dan implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Sudarmanto (2019).Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharto, Edi. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Reflika Aditama.

Suyanto. (2003), masalah sosial anak, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Tahir, A. (2014). Kebijakan publik & transparansi penyelenggaraan pemerintah daerah. Bandung: Alfabeta.

Trismansya.(1998). Anak Putus Sekolah dan Permasalahanya. Jakarta: Percetakan Rosda Karya.

Widodo.(2015). Pelatihan merupakan serangkaian aktivitas individu. Bandung: CV Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Kumara Dewi, L., Amallia, N., Kusumastuti, H., & Ardiyanto, S. (2025). Implementasi Program Pengembangan Keterampilan Bagi Anak Putus Sekolah Di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung. Jurnal Stia Bengkulu : Committe to Administration for Education Quality, 11(2), 123–132. https://doi.org/10.56135/jsb.v11i2.248

Issue

Section

Artikel