Pengaruh Strategi Marketing Aplikasi E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Teknik Industri Uns dengan Pendekatan Psikologi Konsumen

Authors

  • Ivan Pramudya Artura Sebelas Maret University
  • Fiki Anreano Sebelas Maret University
  • Haiva Putri Sebelas Maret University
  • Irviana Amanatul Sebelas Maret University
  • Katon Adiluhung Sebelas Maret University
  • Chafit Ulya Sebelas Maret University
  • Naufal Allam Gumelar Sebelas Maret University

DOI:

https://doi.org/10.56135/jsb.v10i1.133

Keywords:

E-commerce, Perilaku Konsumtif, Psikologi Konsumen

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan kemudahan dalam mengakses segala hal, tak terkecuali menjadikan e-commerce sebagai sesuatu yang sudah tidak asing lagi. Kemudahan dalam e-commerce menyebabkan munculnya sikap konsumtif yang didominasi oleh oleh generasi muda, terutama mahasiswa, yang juga dipengaruhi oleh faktor psikologis. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian tentang pengaruh strategi marketing e-commerce terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh strategi pemasaran aplikasi e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Teknik Industri UNS jika dihubungkan dengan ilmu psikologi konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan survei melalui kuesioner dalam bentuk google formulir yang nantinya akan dibagikan kepada populasi yang menjadi objek penelitian. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan ilmu psikologi konsumen dan teknik statistik. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa terdapat hubungan dan kecocokan antara pengaruh strategi marketing aplikasi e-commerce dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara strategi marketing aplikasi e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Teknik Industri UNS ditinjau melalui pendekatan psikologi konsumen. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan panduan bagi perusahaan e-commerce untuk meningkatkan efektivitas kampanye mereka, serta memberikan pandangan kepada perusahaan-perusahaan e-commerce agar strategi pemasaran yang dilakukan berjalan dengan optimal dan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan maupun konsumen.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Ivan Pramudya Artura, Fiki Anreano, Haiva Putri, Irviana Amanatul, Katon Adiluhung, Chafit Ulya, & Naufal Allam Gumelar. (2024). Pengaruh Strategi Marketing Aplikasi E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Teknik Industri Uns dengan Pendekatan Psikologi Konsumen. Jurnal STIA Bengkulu : Committe to Administration for Education Quality, 10(1), 33–40. https://doi.org/10.56135/jsb.v10i1.133

Issue

Section

Artikel