Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu

Authors

  • Putra Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Bambang Sutikno Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Mulyadi Mulyadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.56135/jsb.v11i1.206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Akuntabilitas Kinerja Aparatur Sipil Negara dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Gading Cempaka Kabupaten Bengkulu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mendeskripsikan Akuntabilitas Kinerja Aparatur Sipil Negara dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Gading Cempaka Kabupaten Bengkulu. Teknik pengumpulan dilakukan melalui: Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap aparatur dapat melaksanakan dan menyelesaikan tugas dengan baik, baik tugas pelaporan kepada atasan, maupun tugas pelayanan kepada masyarakat, cara kerja aparatur sudah sesuai dengan SOP dan Tupoksi masing-masing, Aparatur Kantor Kecamatan. selalu melakukan pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan disiplin, baik disiplin dari segi waktu, sifat atau karakter, maupun disiplin dalam berkomunikasi. Metode yang peneliti gunakan untuk mengetahui bagaimana akuntabilitas pelayanan publik yaitu deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dan data tersebut kemudian diolah dan dianalisis

References

Pattarani, A. (2022). AKUNTABILITAS KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN MAPPEDECENG KABUPATEN LUWU UTARA. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(1), 33-47.

Rondonuwu, B. C., Lapian, M. T., & Kairupan, J. K. (2017). Akuntabilitas Kinerja Aparat Dalam Pelayanan Publik Di Kelurahan Sendangan Kecamatan Kawangkoan. Jurnal Eksekutif, 1(1).

Lumentah, S. V., Posumah, J. H., & Londa, V. (2018). Akuntabilitas kinerja aparatur sipil negara dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. Jurnal administrasi publik, 4(50).

Hakim, A. (2014). Akuntabilitas Kinerja Aparatur Pemerintah Desa dalam Pelayanan Publik di Desa Tandam Hulu II Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 4(1), 1-20.

Sugiannor, S., Kuncoro, D., & Junaidy, J. (2020). Kinerja Pegawai Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. JOURNAL OF GOVERNMENT (Kajian Manajemen Pemerintahan dan Otonomi Daerah), 5(2), 150-166.

Armunanto, A. (2005). AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK. DI KANTOR KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).

Arif, A., & Basri, M. (2022). AKUNTABILITAS BIROKRASI PEMERINTAHAN DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN WOLO. Publica: Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik, 13(2), 266-274.

KUTIKA, N., POSUMAH, J., & MAMBO, R. (2021). AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT MALALAYANG KOTA MANADO. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 7(105).

Christiadi, H. (2016). AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIKDI KANTOR CAMAT DUSUN TENGAH KABUPATEN BARITO TIMUR. Journal Ilmu Sosial, Politik dan Pemerintahan, 5(1), 1-11.

Hartono, T. (2015). AKUNTABILITAS KINERJA PEGAWAI TERHADAP PELAYANAN PUBLIK (studi Pada Kantor camat Barong Tongkok). PREDIKSI, 1(2), 21-25.

Rismayadi, D. (2019). Akuntabilitas dan Transparansi dalam Pelayanan Publik di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(1), 8-14.

Musria, M. (2023). Akuntabilitas Kinerja ASN dalam Pelayanan bagi Masyarakat di Kelurahan Kota Matsum IV Kecamatan Medan Area. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL], 3(2), 111-122.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Hidayat, P., Sutikno, B., & Mulyadi, M. (2025). Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Jurnal STIA Bengkulu : Committe to Administration for Education Quality, 11(1), 45–56. https://doi.org/10.56135/jsb.v11i1.206

Issue

Section

Artikel