Analisis Kinerja Pegawai Kantor Camat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

IRDAH

Authors

  • Irdah Lena Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Bambang Sutikno Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Rijalul Fhikri Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.56135/jsb.v11i2.256

Keywords:

Kinerja Pegawai , Kantor Camat, Kualitas Pelayanan Publik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pegawai kantor camat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Kedurang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunkanan teknik snowball sampling yaitu dimana jumlah informan tidak dapat ditentukan dengan kata lain informan penelitian yang jumlahnya kecil semakin terus bertambah selagi data yang dibutuhkan oleh peneliti belum cukup atau jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukan oleh Anwar Prabu Mangkunegara yaitu kualitas, kuantitas, pelaksanaan tugas, tanggung jawab terhadap pekerjaan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai Kantor Camat Kedurang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah cukup baik, yang ditandai dengan indikator berjalan sesuai keinginan masyarakat.

References

Darmansyah Putra 2013 “Analisis Kinerja Pegawai Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat Di Kantor Camat Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu”.

Debora Pane, 2022, “Analisis Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Camat Habinsaran Kabupaten Toba”.

Ellia, 2015, Jurnal Pemerintahan Integratif, “Upaya Camat Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Di Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Malinau”.

Sefly Mey Natili, 2019, “Analisis Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara”.

Umar, 2020, “Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Camat Padalarang Kabupten Bandung Barat”.

Hayati, 2017, Pengertian Kinerja, Surakarta: Bintang Pelita

Hirim, 2020, Elemen Pokok Pengukuran Kinerja, Jakarta: Remaja Rosada

Kurnia Ardiansyah, 2020, Kualitas Pelayanan Publik, Banten: Anak Cerdas

Mardiasmo, 2011, Pengertian Pegawai, Bandung: Pelanggi Jingga

Robbins, (2016), Pengertian Kinerja, Kediri: Rajawali Press

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Lena, I., Sutikno, B., & Fhikri, R. (2025). Analisis Kinerja Pegawai Kantor Camat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik: IRDAH. Jurnal Stia Bengkulu : Committe to Administration for Education Quality, 11(2), 229–238. https://doi.org/10.56135/jsb.v11i2.256

Issue

Section

Artikel