Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik di Desa Jago Bayo Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara
Venny
DOI:
https://doi.org/10.56135/jsb.v11i2.251Keywords:
Analisis, Kinerja Pegawai, Pelayanan Publik, Jago BayoAbstract
Penelitian dilakukan di Desa Jago Bayo Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Desa Jago Bayo Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara dan faktor untuk mengetahui faktor yang menghambat kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Desa Jago Bayo Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, dan masyarakat desa Jago Bayo sebanyak 3 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa analisis kinerja pegawai dilakukan berdasarkan indikator loyalitas, efektifitas dan efisiensi, moral dan potensi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Desa Jago Bayo Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara sudah cukup baik namun harus diperbaiki lagi terutama pada indikator loyalitas dan moral. Dan faktor yang penghambat kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Desa Jago Bayo adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai.
References
A.W. Widjaja, 2006, Administrasi Kepegawaian, Jakarta, Rajawali
Ambar Teguh Sulistiyani dan Rosidah, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama,
Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta
Barata, Atep Adya. 2004. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Dharma. 2004. Manajemen Pemerintahan Indonesia. PT. Djaniatan. Jakarta
Dwiyanto, Agus. 2005. Penilaian Kinerja Organisasi Publik, Jurusan Ilmu Administrasi Negara,
Yogyakarta.
Gibson, J. L. Dkk. (1997). Organisasi dan Manajemen. Jakarta; Penerbit Erlangga
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gaya Media
Hasibuan. (2021). Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ketigabelas. Jakarta:Bumi Aksara.
Ilyas yasli. 2005. Kinerja Teori dan Penelitian.Liberty : Yogyakarta
J. Widodo. 2001. Good Governance : Telaan dari Dimensi Akuntabilitas dan Kontrol Birokrasi pada Era
Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Insan Cendikia : Surabaya. Kadir, Abdul. 2015. Studi Pemerintahan Daerah dan Pelayanan Publik. CV. Dharma Perada Dharmasraya. Edisi Pertama
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : PT. Rafika Aditama
Manullang, M. 2002, Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta : Ghalia Indonesia
Nurcholis. (2011). Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.Jakarta: ERLANGGA
Poltak Lijan Sinambela. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksar. Bandung
Robbins, S. P. (2003) Perilaku Organisasi: Konsep Kontroversi Aplikasi. Edisi
Kedelapan. Trans. Pujaatmaka, H & Molan, B. Jakarta: Pt. Prenlindo.
Siagian, S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Simamora, Henry. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIEYKPN
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Veithzal Rivai. 2005. Performance Appraisal; Sistem yang Tepat untuk Menilai Kinerja
Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahan. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Y.P.G, Sianipar. (2000). Perencanaan Peningkatan Kinerja. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Venny Anggraini, Bambang Sutikno, Ridianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.