IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENYALURAN BANTUAN KELUARGA HARAPAN (PKH) (Studi Kajian Tentang Penyaluran PKH di Desa Sendawar Kec. Semidang Alas Maras)

Authors

  • rati julia STIA Bengkulu
  • Tri Purwanti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Ovita Charolina Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.56135/jsb.v9i2.113

Keywords:

Implementation, Policy, Family Hope Program (PKH)

Abstract

tujuan penelitian ini pada dasarnya untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Pemerintah tentang Penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Sendawar Kec. Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma dan mengetahui faktor pendukung sekaligus faktor penghambat dalam pelaksanaan penyaluran PKH. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pemerintah tentang penyaluran program keluarga harapan (PKH) berjalan dengan baik dan lancar terutama pada tahap penetapan calon penerima PKH, Penetapan KPM PKH, Pendampingan, Peningkatan kemampuan Keluarga penerima manfaat KPH dan transformasi peserta. Sedangkan tahapan lainnya mengalami sedikit hambatan yaitu perencanaan, validasi data calon penerima PKH, penyaluran PKH, Verifikasi Komitmen dan Pemutakhiran Data.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

julia, rati, Purwanti, T. ., & Charolina , O. . (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENYALURAN BANTUAN KELUARGA HARAPAN (PKH) (Studi Kajian Tentang Penyaluran PKH di Desa Sendawar Kec. Semidang Alas Maras). Jurnal STIA Bengkulu : Committe to Administration for Education Quality, 9(2), 179–186. https://doi.org/10.56135/jsb.v9i2.113

Issue

Section

Artikel