Analisis Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Melalui Metode E-Warung dalam Penanggulangan Kemiskinan

Authors

  • Dian Forensa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Dhika Alfatah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Faridah Faridah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Novi Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.56135/jsb.v10i2.179

Keywords:

Analisis, Metode E-warung, Kemiskinan

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan adalah dengan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data  yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa proses pelaksanaan program bantuan pangan non tunai (BPNT) melalui metode E-Warung dalam menanggulangi kemiskinan sudah dilaksanakan dengan efektif dan sesuai dengan aturan yang dilihat dari aspek komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Berdasarkan pengamatan langsung kelokasi penelitian dan wawancara dengan para KPM ( keluarga penerima manfaat). Masih ada kendala yang dihadapi pada tahap komunikasi atau sosialisasi karena masyarakat masih perlu adanya pengawasan sehingga masih ada masyarakat yang belum megetahui tentang mekanisme pelaksanaan bantuan. Dan sarana dan prasarana didesa padang ulak tanjung yang digunakan dalam pelaksanaan program bantuan pangan non tunai (bpnt) masih sangat kurang serta jarak antar rumah KPM dan E-Warung jauh sehingga menyebabkan KPM merasa kesulitan pada saat pengambilan bantuan.

References

Suharto. 2005:156 membangun masyarakat memberdayakaan rakyat, yogyakarta

Undang – undang 1945 pasal 34 ayat 1 dan 2 tentang fakir miskin dan anak- anak terlantar dipelihara oleh negara

Peraturan Kementerian Sosial Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai

Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 Tentang Penanggulangan Kemiskinan

Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai

Megawati Suci (2020). Evaluasi kebijakan program bantuan pangan non tunai (BPNT) dalam penanggulangan kemiskinan dikabupaten mojokerto. 1 vol 2 no (3)

Dunn, William N., 2003, Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta, Gajah Mada University

Van Meter, Donal dan Van Horn, Carl E. 1975. The Policy Implementation Process Conceptual Frame Work. Journal Administration and Society.

Edward III, 1980. Direc and indirec impact on implementation.

Nurfalia (2020:20). Evaluasi Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dengan Metode E-warung. Evaluasi, Pelaaksanaan Program BPNT, Kemiskinan. I vol 2 No 3.

Reobyantho haryati (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non- Tunai ( Bpnt ) dengan Metode E-Warung di Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021 ( Studi Kasus di Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro ). 2(2).

Kecamatan, T., & Kota, W. (2020). Evaluasi program bantuan pangan non tunai kepada keluarga penerima manfaat di kelurahan mahakeret barat dan kelurahan mahakeret timur kecamatan wenang kota manado. 4(4), 1–9.

PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI ( BPNT ) ANTARA HARAPAN DENGAN KENYATAAN ( Studi Pada Masyarakat Desa Ulak Ata Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara ) Skripsi WULAN SEPTIRIANA Prodi : Pemikiran Politik Islam UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN. (2022).

Publik, A., Sosial, F. I., & Gorontalo, U. N. (2023). Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ) di Kelurahan Heledulaa Utara , Kecamatan Kota Timur. 2(8), 3362–3372.

Rusli dkk, 1995:51-52 Analisis Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Djaenal Rifani Dkk, 2021, Implementasi Kebijakan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)Dinas Sosial Dalam Menanggulangi Kemiskinan. Studi Ilmu Politik Vol 1 No 2.

Kawung M Alive DKK, 2020, Evaluasi Program Bantuan pangan Non Tunai (BPNT)Kepada Keluarga Penerima Manfaat dikelurahan Mahakare kota Manado. Ilmu Pemerintahan Vol 4 No 4

Mukminatul Diah, 2020, Analisi Program Bantuan pangan Non Tunai (BPNT) Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Manajemen Bisnis Vol 2 No 1

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendekatan kuantitatif dan kualitatif, bandung

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Forensa, D., Alfatah, D., Faridah, F., & Rahayu, N. (2024). Analisis Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Melalui Metode E-Warung dalam Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal STIA Bengkulu : Committe to Administration for Education Quality, 10(2), 197–206. https://doi.org/10.56135/jsb.v10i2.179

Issue

Section

Artikel